Monday, 30 December 2013

Perbedaan Blog dan Website Yang Paling Utama

Banyak sekali orang Indonesia yang kebingungan mengenai apa saja perbedaan antara website dan blog, pada artikel kali ini saya akan mencoba menjelaskan pengertian blog serta lima perbedaan utama antara website dan blog.

Menurut Wikipedia:

“A blog (a blend of the term web log) is a type of website or part of a website supposed to be updated with new content from time to time”

Yang artinya bahwa blog merupakan kata atau istilah lain dari web log, yaitu suatu jenis website atau bagian dari sebuah website yang isinya selalu di update atau di perbarui dengan konten terbaru dari waktu ke waktu.

Sebuah blog pada umumnya ditampilkan secara lebih informal jika dibandingkan dengan website. Bahasa yang digunakan pada blog pun biasanya lebih sederhana dan mudah dimengerti semua kalangan.

Dalam blog terdapat istilah yag disebut “Post”, sebuah blog post adalah seperti yang sedang Anda baca saat ini. Sebuah blog post memiliki alamat URL yang berbeda dari post-post lainnya dan biasanya membentuk sebuah serial dari waktu ke waktu, contohnya seperti blog post tanggal 21-09-2013, kemudian blog post tanggal 25-09-2013, new post, older post dan sebagainya.

Perbedaan utama antara website dan blog yaitu berada pada konten. Konten pada website bianya relatif sama dari waktu ke waktu karena website di desain untuk konten yang tetap (statis). Untuk menambah konten pada website bisa dilakukan dengan cara menambah atau membuat halaman baru. Sedangkan pada blog tidak statis dan seorang blogger bisa membuat banyak blog post dari waktu ke waktu tanpa batas halaman.

Salah satu kelebihan blog yaitu kontennya lebih sering dikunjungi oleh mesin pencari, apalagi jika ada konten blog terbaru maka mesin pencari akan langsung meng-index halaman baru tersebut. Itulah salah satu alasan kenapa saat ini blog menjadi sangat populer untuk mendapatkan popularitas di internet, entah itu blog pribadi maupun blog bisnis.

Karakteristik Website vs Blog


Berikut ini beberapa perbedaan antara blog dan website dilihat dari karakteristiknya;

1. Blog memiliki kolom komentar di bawah post.
Hampir semua blog memiliki commenting system, ketika Anda membaca artikel pada suatu blog maka diakhir artikel Anda akan melihat kolom komentar (seperti di akhir artikel ini).

Sedangkan pada website statis biasanya tidak ada kolom komentarnya.

2. Sebuah blog yang aktif biasanya di update setiap hari atau setiap minggu dengan konten baru yang bervariasi.

Sedangkan pada website, informasi yang tersedia biasanya itu-itu saja, karena tujuan website hanya untuk memberikan informasi yang relatif tetap.

3. Artikel/konten pada blog biasanya muncul dalam bentuk serial atau kronologis dari waktu ke waktu.

Website biasanya memiliki konten informasi yang tetap sama dari waktu ke waktu.

4. Terdiri dari banyak keanekaragaman topik artikel. Sedangkan website tidak.

5. Contoh platform blog yang sangat populer khususnya paling sering digunakan oleh orang Indonesia yaitu Wordpress, Blogger, LiveJournal, Tumblr, Weebly, dan lain-lain.


Perbedaan Blog dan website
Contoh Blog

Contoh website:
Website-website departemen pemerintahan, website pendidikan, website brand suatu perusahaan, website online shop, dan lain-lain.


Perbedaan website dan blog
Contoh Website


Seiring dengan ke kemajuan dan perkembangan blog, kini blog juga bisa menampilkan halaman statis (static page) selain halaman post. Contohnya adalah fitur pada Blogger blog (blogspot.com), dulu blogger tidak memiliki fitur “Page” dan hanya bisa untuk membuat konten melalui blog post saja.

Tapi sekarang blogger sudah menambah fitur “Page/halaman” sehingga dengan fitur ini Anda bisa membuat static page seperti pada sebuah website. Halaman tetap (static pages) tersebut bisa Anda gunakan untuk membuat halaman khusus yang sifatnya tetap, misalnya halaman tantang “about this blog”, halaman “contact”, “privacy policy”, “link, dan sebagainya.

Saat ini banyak sekali orang Indonesia yang mulai mengenal blog dan bahkan ada yang sudah menggunakannya untuk mencari uang di internet, salah satunya yaitu dengan cara mengikuti program Google Adsense. Google Adsense adalah sebuah program periklanan online yang mana bisa diikuti oleh semua semua orang yang memiliki situs.

Caranya yaitu dengan memasang iklan Adsense pada blog dan jika iklan tersebut di klik oleh orang lain maka sipemilik blog dan akun Adsense tersebut akan mendapatkan komisi uang. Untuk bisa mendapatkan uang yang banyak dari program Google Adsense cukup mudah (jika Anda tahu triknya).

Saya sendiri saat ini sudah mendapatkan rata-rata $1000/bulan dari Google Adsense dan blog. Kelebihan dari program ini yaitu sangat simple dan bisa Anda lakukan tanpa modal, tanpa harus mengurus barang, tanpa harus berhubungan dengan customer, tidak seperti bisnis internet lainnya.

Jika Anda pemula dan ingin belajar cara mendapatkan uang dari Google Adsense saya sarankan Anda mempelajari trik-trik yang ada dalam "ebook Adsense Mentalis". Ebook tersebut merupakan ebook panduan ngeblog Adsense yang sangat lengkap, step by step dan penjelasannya sangat detail sehingga mudah dipahami dengan cepat.

Sekian untuk blog post kali ini, semoga artikel tentang perbedaan website dan blog ini bisa bermanfaat bagi Anda.

Terima kasih.